Wednesday, March 4, 2009

Interview di TN: Robot, Ponari, Telanjang Massal, 7-jam interview

Halo.

Diriku kembali pada rutinitas mengajar (dan nge-Net) di SMAKI sekarang, setelah kemaren capek 3 hari di TN. 3 hari setiap pagi berangkat jam 6.30, pulang hampir jam 4 sore. En 3 hari juga dipenuhi rasa nda' enak. Entah kenapa. Dulunya mimpi ngajar di TN. Tapi setelah tahu seluk beluknya ternyata ga jadi begitu pengin banget.

Yang jelas, kesan pertama liat anak2 TN, dari dulu sampe sekarang adalah satu kata: Robot. Mereka kaya udah diprogram buat kasih hormat kalo ketemu 'atasan' ato orang asing yg dianggap 'atasan'. Meski kita yg waktu itu nggerombol ga ngeliatin mereka, anak2 kasih hormat tapi TANPA melihat diri kami. Lah, terus apa itu beneran hormat? Duh. Kaya sudah ada sensor tuh di atas kepala. Jadi kalo ada sinyal guru or tamu mendekat, langsung program hormat dijalankan.

Well, hari pertama kita seharusnya tes akademik en tes Mental Ideologi. Jadi tes MI tuh buat liat seberapa besar kita tahu soal Indonesia dan pengabdian kita. Well, lah Pancasila en Kewarganegaraanku aja di kuliah dapet jelek (en tuh yang ngurangin IP-ku, huhuhu), gimana bisa mengerjakan tuh soal yg kudu menjelaskan bagaimana kita cinta tanah air (kalo cuman cium tanah diriku bisa). Malah ada satu soal yg tanya kapan pemilu diadakan, diriku bingung, en karena wangsit dari mbah-mbah yg mbaurekso disana, diriku sukses mengisi tanggal 9 april 2009. Jeng-jeng! The rest of the MI test: teknik klasik: Ngarang Indah.

Eniwei, diriku bisa curi2 hotspot di hari pertama di perpus, tadinya lagi nunggu tes akademik. Tes akademik pun karena ada kesalahan akhirnya di batalin (weleh... TN juga masih bisa salah toh?). Terus dari makan siang, diriku bersama 6 orang kandidat guru laen dikumpulin di ruang wakasek kurikulum buat bikin lesson plan. Well. Ternyata karena pada bukan latar belakang guru, jadi pada bingung waktu tanya KD en SK tuh apaan. Diriku juga cuman melongo bingung en cengengesan, karena diriku sendiri juga ga bisa njelasin. Payah.

Hari kedua, rencana en jadwal menyebutkan kalo ada tes kesehatan en tes mikro teaching. So kita digiring ke RST, en menjalani serangkaian tes: tes tensi, tes darah, tes jantung, rontgen, tes THT, tes mata, en eng-ing-eng, tes kelamin. En, yang paling heboh adalah... jeng-jeng-jeng: Tes Kesehatan Genitalia! Kita disuruh telanjang massal! bayangkan tujuh orang pria dalam satu ruang sempit, plus si dokter tua. Weleh. Pertama kalinya itu. Dan sangat memalukan. Diriku langsung berpikir yg tidak2: jangan2 nanti diriku diapa2in en direkam, terus dipublikasikan, en hasilnya diriku berhasil mengalahkan Dewi Persik... Kita disuruh pake CD ajah, terus disuruh mbuka satu2, diliat2in 'barang'-nya kita, en disuruh nungging (sementara si dokter mencoba mengamati lubang di pantat)... Weleh. Unforgettable. Sebegitunya kah?

Habis tes kesehatan yg notabene butuh waktu dari jam 7 - 2, kita dikirim balek buat micro teaching. Diriku en dua ca-gur bahasa inggris ngajar di lab bahasa. Aku mutusin ngajar news item, en topiknya adalah: Ponari. Phenomenal kan? So, diriku berharap bisa menarik. And it was! Sebagian besar guru yg nonton en berpura2 jadi murid (ada yg diem, ada yg cerewet, ada yg sok pinter) mau jawab pertanyaan diriku, padahal rekan yg sebelumnya ngajar katanya dikerjain sama 'murid2' nakal itu. Yg bikin bothered diriku adalah pertanyaan satu guru cowok di akhir micro teach itu, 'Sorry, Sir. But, what do you actually want to teach us?' Weleh. Kenapa dari tadi juga ga' denger? Or, jangan2 dia berperan jadi murid autis? Or, memang dia terbelakang? Hohoho...

Hari kedua diriku pulang dengan berbasah2 ria, masih kudu lembur bikin soal untuk remidi yang kutinggalkan di SMAKI. Adem. En setengah panas ni badan.

Next, tes psi yg membosankan: tes skolastik, IQ, EPPS, en tes nggambar. Ada lagi satu tes yg suruh njumlah angka sebegitu banyaknya. Diriku ampe jereng ni mata. Jerawat langsung tambah banyak. En tangan jadi kaku karena balapan sama temen di sebelah. Duh! Nah, yg paling parah adalah sehabis kita pulang dari tes psi (dari Akmil balek ke TN, tes psi-nya di Akmil). Dari jam 2 sampe jam 8 kita ditahan di wisma tamu. Menunggu giliran. Diriku masuk jam 2, tapi baru selese jam setengah 5. Gara2 ada yg salah urutan. Diriku waktu diwawancara pun banyak nangis dalem ati, karena diriku memaksa mulut berkata padahal ngga' mau mengatakannya seperti, 'Pak Daniel siap untuk 24 jam siaga mengasuh anak, meski misalnya ada anak yg ketuk pintu rumah bapak jam 11 malem?' Diriku dengan pasrah, sambil merem melek bilang, 'SIAP!' Duh! Eniwe, kita jadi makin akrab, banyak waktu buat share en ngobrol. (En disela2 waktu itu diriku sempat protes ke Koord. Personalianya, tentang apa? Biasa, tentang sistem kerja yg msh disembunyikan.) Diriku pulang dengan pasrah; jam delapan malem sampe rumah.

Betewe, diriku lima hari berarti (dari hari Sabtu) makan ayam goreng terus. Moga2 ga' kena flu burung.

Terus kalo ditanya sekarang optimis or ga, diriku ga bisa jawab. Dulu impian sejak SMA buat ngajar di TN. Sekarang setelah tahu lebih banyak, diriku agak geser mundur ke belakang. Diriku juga bingung gimana mau doa, minta apa sama Tuhan. Moga2 dikasih yg terbaik . . . Karena apa pun putusannya nanti, yg jelas SMA KI tetep kena imbas terbesar-nya . . . En diriku ga mau dengan tidak bertanggung jawab meninggalkan SMA KI.

GB

No comments: