Monday, June 15, 2009

Daniel berefleksi tentang dirinya sebagai guru...

[As usual, FB-users, please, please, click here...]

Hai.

Hari2 ini makin kerasa bahwa diriku makin boros, en tidak ada penambahan income yg signifikan buat menunjang hobi yg mulia: nongkrong en makan2 or minum2 bareng temen (baca: ngopi, nyoklat) sambil menghilangkan kepenatan hidup. Dalem dompet ada ratusan ribu en lima-puluhan ribu, tapi itu uang punya perpus gereja en uang laennya. Dompet tetep tebel karena nota2, bukannya uang. Keliatannya diriku harus mengontrol diri dengan mengurangi dolan2 yang memboroskan, dan kadang tidak menyehatkan (kemaren jumat sempet mengeluarkan zat ekskresi yg tidak semestinya secair itu gara2 minum jahe-susu malem2 sambil duduk di bumi yg adem en udara sekitar adem, meski juga itu dibayarin... huhuhu...).

Oke, so the end of the days (halah) is getting nearer and nearer... Huhuhu. Anehnya waktu kemaren menyebut2 tentang guru2 yg mau cao dari tempat kerja sekarang, diriku tidak disebut, cuman dua guru yg laen, padahal diriku udah lapor sama pak kepsek. Sudah hampir setahun lebih, en diriku merasakan ada banyak perubahan, entah yg baek entah yg buruk...

Inget waktu dulu pertama masuk, idealisnya tinggi banget: kalo ada murid yg ga ngumpulin tugas ontime, diriku langsung ngamuk, marah2. Masih inget jelas gimana dulu waktu hari kedua masuk kelas XI IPS, diriku langsung curiga ama anak yg ga ngumpulin padahal butuh nyalin tugasnya itu. Beberapa kali juga jadi so fiery, en bentak2 anak di dalem kelas, karena entah mereka rame waktu diriku berbicara or bagaimana... Huhuhu. Those dark times.

Bicara tentang idealis, diriku juga masih inget banget bagaimana rancangan pembelajaran di awal tahun dulu. Masih dibakar api semangat critical pedagogy-nya Mr. Josh, diriku mencoba menganalisa kebutuhan en minat anak... Kan katanya kalo emang yg disampekan itu sesuai dg minat anak, itu bakal memotivasi mereka lebih lagi. But, kenyataannya beda, karena tidak semua anak juga peduli dengan model macem itu. Satu-dua anak pilih mode 'passive' di kelas. Mbahas tentang animal ga mudheng, dikasi topik politik jadi muntah darah, diskusi teknologi kuper, sharing tentang budaya juga ga tertarik, mbahas tentang sex malah jadi patung hidup. Dikasi film tidur, listening to song juga tidur, suruh nulis essay tidur, diskusi kelompok tidur, eh, test malah mbolos... Tobat, nak...

Seiring waktu berjalan, diriku banyak berubah. Kalo dulu masih nuntut anak2 pada pinter, intelligent en brilliant, sekarang liat anak sudah kerja keras, ngumpulin essay juga sudah bersyukur banget. Seneng liat beberapa anak, yg sepertinya diriku honor en respect them so much, yg emang mau kerja keras, en berusaha memperbaiki hidup mereka. Ada beberapa yg bikin sedih juga sih, honestly, karena tidak menunjukkan perubahan. Yah, diriku selalu berusaha memotivasi, menghilangkan jurus 'sengak' en 'sadis' plus 'sarkasme', tapi coba membujuk mereka untuk berubah rajin. But, it didn't always work like that. Beberapa emang melihat bahwa kerajinan itu tidak penting. Ya sudah, let me lift them up to God.

Dengan merebaknya fesbuk mulai semester kedua, kayanya rutinitas kerja di sma ini agak berubah. Meski pernah kecanduan puoooool, sekarang sudah berhasil mengontrol, walo kadang kalo ada hari kosong yg emang ga ngajar tetep aja memanfaatkannya dengan ngeNet seharian, instead of preparing for the next day's lesson...

Akhir2 ini (or sebener'e dari dulu), diriku melihat anak2 yg kadang ga bisa terima dengan kelakuan guru yg semena-mena, dan dirasa kurang bertanggung jawab. Kadang diriku juga iri, ketika melihat ada guru yg 'tidak bertanggung jawab'. Ketika diriku mencoba mendisiplinkan diri, dan being a dilligent teacher, eh, melihat kenyataan ada satu-dua guru yang malah tetep males2an, diriku juga agak kendor en 'iri'... Kadang ga adil: dibayar sama, tapi kerjanya diriku 'lebih' keras 'sedikit'. Ketika diriku, en beberapa guru yg laen, emang mencoba 'mencerdaskan kehidupan bangsa [yg berusaha dibangun sendiri oleh para guru]', eh ada guru yg sekenanya ngajar, en menyampaikan apa yg nda relevan, or apa yg nda penting, or malah tidak menyampaikan apa-apa.

Ketika diriku hari ini nge-shout-out di fesbuk: jadi guru supaya keliatan pinter, or mau membuat murid mudheng, diriku juga mencoba merefleksi diri sendiri. Mana yg lebih membanggakan en menyenangkan: dibilang 'Wah Pak Dankuur hebat!' or 'Thanks pak, saya sudah jelas dengan penjelasannya bapak tadi...' I prefer the second. Ketika liat anak2 mudheng, en bisa lompat dari level-nya yg sebelumnya, diriku bisa senyum, en ngasih nilai plus.

Diriku pernah jadi murid, dan sering mengamati dengan baik bagaimana guru yg baik itu ngajar, bagaimana guru yg nda baek itu 'cuma ngajar'. Beberapa guru jadi rekan kerja sekarang, en kadang diriku jadi 'tidak sehormat' dulu, karena sekarang sudah jadi co-worker (beberapa temen bilang, 'Dankuur ga sopan, masa sama eks-guru berani nyuruh2... Hohoho). Selama proses tiga tahun di SMP, diriku cuman bisa mempertahankan kerajinan en kemandirian. Tiga tahun proses di SMA, aku berjuang cari jati diri, en mengasah lagi kekritisan. Tiga setengah tahun di Universitas, diriku bener2 bersyukur, karena bisa share ilmu dgn yang laen... Inti pendidikan sih sebenarnya bukan pada output nilai yg kita dapet nantinya (meski ada kebanggaan tersendiri ketika diriku nilai matematik lebih tinggi daripada temen2 yg skul di negri, or diriku yg dapet IP segitu...), tapi lebih pada gimana kita bisa menemukan 'enjoyment en fun' during the whole process of learning. Bagaimana diriku bisa begitu bangga en bahagianya ketika bisa bilang... 'Ooohhh... ternyata gini toh maksudnya; aku mudheng sekarang...'. Enjoyment en fun ini yg sebenernya pengin ta' share-kan ke anak2...

Oh, ya, diriku pengin nyebarin lembar evaluasi buat anak2, tapi kok belom kesampean. Moga2 entah besok, or lusa, bisa diriku siapin... Kalo ada murid yg mbaca, evaluasi di notes ini ajah.

Well, till then, GB, en met berjuang buat anak2ku...

2 comments:

rere said...

ho ho ho... stujuu kohh...
enjoyment and fun during the process of learning. . .^^
tapi prmasalahanq adalah...
rasanya utk menyukai butuh pemahaman, n pemahaman butuh proses,,waktu,,tnaga,,duit n..mikir he he he..apalagi nek aq lg ujian gini trus kayake bbrp bagian jd 'apal mati wae,,sing pnting bsk bisa njawab' duh,,gawat bgt...padahal klo paham, pngertian itu ga akan gmpng lupa ya hehehe...
thx koh,tulisanmu dah mendorongq d tngah kepenatan blajar ho ho ho...
ayooooo smangattt!!

Daniel Kurniawan said...

HaHa.

Ah, kalo ReRe, I believe you can make it! Mesti juga gampang nyantol, untuk seseorang seperti ReRe.

Semangat Re *walo apalan tu memang menyebalkan, en berarti dosen'e kudu mengubah metode ngajar'nya dia plus metode evaluasi... hehehe*