Sunday, March 14, 2010

Dan's Sorrowful Tragedy

[Buat para pembaca dari FB, apalagi kalo baca di PC, please click here ke blog saya...]

Hai.

Do I love Monday? Well. It depends.

Anyway, Minggu kemaren ini adalah hari terkonyol dan hari paling menyedihkan di sepanjang sejarah kehidupan saya selama ini (setelah hari jatuhnya mama+adik ke selokan, hari hilangnya HP, dan dua hari lainnya dimana saya menolak keputusan dan tawaran yang luar biasa menggiurkan).

So, kronologis singkatnya: saya beli modem im2 di hari Rabu - modem sering error gara2 Generic Host Win32 - saya pengin instal ulang XP - saya dibujuk2i pindah se7en - saya nda mudheng instal se7en - eventually, ada kebodohan super sehingga data saya yang sangat mulia berharga dan tidak tertandingi (oke, lebay. I admit it) hilang karena format drive yang tidak jelas.

Jadi saya waktu rencana mau mempartisi drive C dan D, yg isinya sistem en program, karena C-nya terlalu sedikit untuk Windows Se7en. En, ga tau kenapa karena saya ingat bener saya itu cuma format en delete C and D. Kok waktu ganti CD XP (karena se7en-nya waktu itu error gara2 drive D udah ke delete en mau dipartisi ulang ga mau), tiba-tiba udah hilang itu drive yang laennya.

Amblas deh 20GB hasil download-an saya yg isinya teaching resources. Semua buku2, pdf, gambar, dll hasil kerja keras nyomot sana-sini (tanpa digunakan untuk keperluan komersil) hilang. Semua koleksi desain en contoh grafis lenyap. Semua dokumen kerja en portofolio juga hilang, including dokumen administrasi ngajar, notula rapat gereja en sekolah, semua materi hasil karya saya buat ngajar, semua tulisan-tulisan saya, en semua hasil kerja desain saya juga lenyap... Ada beberapa yg in fact masih 50% kudu segera diselesaiin.

Siang itu, seperti biasa kalo saya lagi stress, agak down. Nda tau kenapa biasane nangis tapi kemaren cuma bisa diem. Ada waktu kira-kira 30 menit diriku cuman duduk, di depan laptop yg mati. Nda mikir apa-apa. Bingung. Itu jam setengah 11, jam11 saya kudu ke gereja. Dan saya lagi error.

Thanks to Mr. Willi, yg dengan usul GetBack bisa retrieve beberapa file, dan anehnya kok file My Document sama sekali tidak terdeteksi. Yg bisa diselametin malah yg master software... Sekarang, diriku masih menyesali begitu banyaknya dokumen yg ilang. Waktu tadi malem diriku sms sohibku nun jauh disana, en I know she could understand my feeling, karena yg saya tonjolin itu ilangnya plus-minus 20GB teaching materials hasil donlod. Buat saya itu yg paling berharga... Well, thanks ya, pal for your sympathy.

Sekarang saya agak bingung juga. Saya sudah susun rencana besar untuk memulai petualangan baru dengan my laptop, berburu di belantara Internet yang begitu maha luas dan selalu menyesatkan. Saya sudah menyiapkan persenjataan buat berburu file donlod-an. Yang jelas akan ada banyak yg perlu saya donlod, dan nda tau makan waktu berapa lama...

Eniwe, kalo saya terus meratapi yg kemaren2, saya nda bakal maju, cuman sedih aja. Saya nda bisa kemudian kerja, en saya jadi BUDAK TEKNOLOGI. No! Saya masih bisa kerja dengan yang lainnya. Saya kemaren juga waktu tau ada latian jm11, saya sempet mikir, 'Ah, batalin aja. Sini lagi sedih en bingung. Mereka juga pasti tau.' Tapi saya sadar itu bakal jadi hal yang soooo selfish. Saya sorenya kudu ikut latian fragmen, en saya menyadari bahwa saya belom selesein itu naskah fragmen. Saya bisa saya jadi males en egois en nda bertanggung jawab en pake2 alesan ini itu, termasuk alesan tragedi laptop ini, buat ngesampingin tugas saya... Hm. Saya milih tidak seperti itu, meskipun pada akhirnya saya juga belom 100% nyelesein naskah.

Meratapi masa lalu bukan hal yang baik. Ketika masa lalu terus menerus nyeret kita en jadi trauma or masa kelam yg meneror masa sekarang en masa depan, itu bahaya. Banyak orang yg terlalu paranoid karena pengalaman pahit masa lalunya. Saya punya trauma di masa lalu, dan sampe sekarang kadang kalo inget juga bikin males en takut. Tapi saya tidak diperbudak oleh masa lalu saya. Banyak orang yang mencoba mengubur dalam-dalam masa lalu, tapi saya bilang itu bukan solusi yang bener. Ada yg kemudian bilang bahwa kalo inget masa lalu, berarti tidak mensyukuri yang sekarang, karena mereka hidup dengan 'kejayaan masa lalu.' Hm. Ada benar, ada salahnya. Masa sekarang yang jelas harus disyukuri dan diperjuangkan. Masa depan direncanakan, sebagai manusia kita boleh dong berencana en punya cita-cita. Walo nantinya Tuhan juga yang netapin, tapi kenapa kita ga boleh berjuang untuk itu? Kalau ada yang salah mengartikan dengan mensyukuri hari ini kemudian hari depan tidak untuk dipandang, saya bilang itu agak naif.

Eniwe, saya bersyukur malem kemaren bisa bercanda tawa waktu latian fragmen, thanks pals. Bener-bener menghibur. Bener-bener bikin saya lupa dengan kesedihan en kesetresan saya seharian. :) Saya bersyukur punya temen-temen yang hebat: hebat talentanya dan hebat nularin sukacitanya.

GBU guys!

No comments: