Sunday, April 18, 2010

Dan, Mockery, and Swear Words

[This is my first time posting blog in my FB note first, and then copying-and-pasting it here... Hmm... Why?]

Hai.

Dulu saya pernah mikir, seperti kebanyakan orang mikir, kenapa acara EMPAT MATA yg dibawain Mas Tukul bisa laris. Banyak alesan, entah itu tim kreatif, entah itu topik, entah itu bintang tamu, tapi yg jelas, salah satu alesan, en yg saya setuju adalah konsep 'buka-bukaan' en 'clemongan' yg ada di talkshow itu. Tukul dengan pasrahnya nerimo dihina, diejek, dll. Jadi yg dieksploit adalah yg jelek2 dari si host, kemudian itu jadi salah satu nilai jualnya.

Pernah saya ngobrolin itu dengan temen, en membahas bagaimana bisa dengan santai dan malah sudah biasa kemudian si penonton, rekan, malahan tukul sendiri menikmati timpal2an saling hina en, hm, melecehkan. Pernah sih ada kotbah yg bilang kenapa justru malah itu yg jadi nilai jual, bukannya kita ini dicipta spesial, bukan malah kemudian mengorek en saling menghina kelemahan orang laen. Dan sedikit banyak saya setuju dengan pertanyaan ini.

Akhir-akhir ini saya merasa sedikit risih dengan 'kebiasaan' yg terjadi di komunitas terdekat saya yg saya bener2 sayangi, gereja. Entah kenapa mulai banyak en beredar ejekan atau umpatan yang intinya pake kata-kata yang buat saya agak melecehkan buat kelompok laen, atau yg memang merendahkan orang laen. Memang bukan kata kasar dan preman seperti binatang kaki empat atau kaki banyak lainnya, tapi ini lebih ke keadaan tubuh, dan dua yang paling tren dan dianggep keren di komunitas ini adalah: ca*ca* dan cu*l.

Sempet juga kemaren bener2 risih waktu kemudian lagi kita ngobrol temen2 mulai pake kata2 macam itu, saling ejek kebodohan en kedodolan satu sama laen; dan berakhir dengan saya menyingkir aja, karena telinga ini agak terganggu. Bukannya saya sok suci atau gimana, saya sendiri introspeksi, jangan2 saya selama ini juga sering pake kata2 macem itu. Saya sih, kalo yg deket dengan saya pasti tau, kalo sering pake kata 'dodol' (dodol agak enak dimaem en saya suka makanan ini, pembelaan :P), atau yg lebih kasar memang, saya akui, sering ngucapin go*bl*k. Tapi untuk yg kedua pun saya agak milih2 orang, kalo belom kenal baek ga bakal berani ngomong gitu, apalagi sama murid, bisa kasar minta ampun. Dan saya sadar ini sudah jadi 'penyakit', kadang kalo sudah ngomong go*bl*k tadi, en saya sadar, saya cuman bisa diem.

Saya ga tahu en ga mau nuduh sapa yang mulai, nda penting. Yang jelas kalo memang kita menyadari orang laen itu juga sama2 ciptaan Tuhan yg nyatanya dikasi something yg spesial, kenapa kita justru kudu malah bangga dengan saling mengejek en menghina pake perkataan macam itu. Apalagi kalo kemudian memang ada orang2 di sekitar kita yg ternyata beneran cacat, maaf, entah itu fisik maupun mental, gimana kalo sampe mereka malah tersinggung dan nyata2 nda terberkati dengan ucapan macam itu, walo jelas nda mungkin kita sengaja ngomong dengan maksud yg sama.

Ini jadi perenungan en pemikiran yg cukup dalem buat saya, seperti biasa sebagai seorang analis yang melankolis en perfeksionis yg selalu sibuk dengan pemikirannya sendiri (oke, nda begitu nyambung). Jangan2 saya selama ini juga sudah sedikit banyak ngajarin yg jelek. Jangan2 saya juga ikut2an dengan bangga pake ejekan macam itu. Ato jangan2 hal2 semacam ini juga karena yg yunior nyonto yg senior (en yg saya maksud dengan yunior en senior bukan masalah keahlian tapi lebih ke umur). Jangan2 memang ini sudah kebiasaan yang diterima sebagian member di komunitas ini, dan saya termasuk outlier yang dianggep malah aneh, dan terlalu serius juga mbahas en mempermasalahkan hal semacam ini. Jangan2 kita sudah terlalu biasa dan nda menganggap ini hal yang tidak baek; sesuatu yg fine-fine aja (but at least sudah ada seorang teman saya merasakan hal yang sama bahwa ini nda beres en nda bener).

Eniwei, nambahin seperti judul post ini, saya juga cuman mau ngingetin buat temen2 yg sudah latah pake kata 'Ya, Tuhan,' or 'Ya, Yesusku,' kalo ngumpat, or kalo kaget, gampangnya. Kasian banget nama Tuhan disebut2 buat hal-hal semacem itu. Nama itu jauh lebih berharga en layak buat dikasi en jadi alamat untuk hal-hal positif yang lebih mulia. Saya sendiri juga menyadari sering pake kata 'Ya oloh,' dan tanpa maksud menjelekkan kelompok mana pun, saya menyadari saya sudah latah dengan kata itu... :( Paling2 juga kalo ga pake frasa itu, saya pake 'What the...' (beneran kosong, tanpa tambahan apa2, entah F-word ataupun H*ll) yg diucapin kalo saya lagi kaget, kagum, or bingung...

Yah, saya sadar memang saya orang yang terlalu serius, dan mungkin juga ini sebener'e nda terlalu penting buat dibahas. Tapi saya rindu kalo memang ada orang laen, or orang baru, di luar komunitas ini mereka bisa denger yg lebih baek, bukannya malah menilai, 'Oh, gini to anak-anak GKI Pajajaran jaman sekarang tu ne ngomong....' Jangan sampe, lah. Entah saya ini sedang menegur atau gimana, saya cuma inget sms tadi siang yang bilang kalo kita peduli juga kudu menegur kalo orang yg kita kasihi salah. Saya juga perlu ditegur, dan saya bakal seneng menerima teguran itu kalo memang saya salah.

GBU guys.

[as always, comments, inputs, and critiques are welcomed]

No comments: