Wednesday, September 17, 2008

Daniel dan menulis

Well, another new posting at the same day with the previous one.

Entah kenapa, though my reading interest is fading (meski tiap malem sebelum tidur juga tetep ada yang bisa, en PENGIN dibaca), tapi writing interest saya malah mulai menggebung (halah... apa itu artinya menggebung? Membesar, seperti balon yang ditiup).

Tiga skrip drama (dua musikal) sudah saya susun (meski yang satu bareng2 dg tim yg laen). Drama musikal untuk Paskah Remaja-Pemuda mungkin jadi salah satu yang bagus (at least for me, walo ada seorang yang katanya bilang terlalu ekstrem, out of context, tp kalo mau bahas tentan ke-ekstrim-an ini, laen kali saja, bisa jadi satu artikel panjang... hehehe too defensive ya?).

Dari naskah drama, kecintaan pada menulis makin berkembang ketika dipercaya buat bimbing adek2 remaja di soliDEO, buletin-nya KoRem GKI Pajajaran (btw, kalau mau file digital-nya, ntar segera saya upload). Satu jatah saya (yang sekarang makin mengembang saja jatah halamannya :P sorry guys!) adalah cerpen, dan ceritanya ternyata berlanjut dari kisah di Drama Paskah itu... semua tentang Abe, Victor, and Sheilla, en anak-anak penghuni Panti. Katanya sih, dua cerita yang sudah saya tulis, tapi katanya temen2, OK! Ada yang bilang terharu, ada yang merinding, ada yang terenyuh baca ceirta pertama 'Aku + Diriku + Victor = Ego'. Untuk cerita yang kedua, saya tertawa terbahak2 dalam hati ketika temen saya benci cerita itu, 'My friend, My hero' karena sad ending... wkkk... Satu temen laen bilang kalo itu cerita bikin meleleh hati, en another one said kalo ga percaya I did write the story, hehehe...

Ketertarikan untuk menulis sebenarnya sudah lama muncul en saya kembangkan dari SD. Waktu itu saya menulis cerpen, artikel pendek (mungkin tidak cocok disebut artikel) en kisah2 fantasi (yang sampai sekarang saya terus dihantui 'en jatuh hati pada tema, or genre ini). Masih ada naskah coret-coretan, juga naskah ketikan (bener2 pake mesin tak-tik-tuk yang bikin tip of my fingers kapalan... :P) kisah fantasi saya yg dulu banyak dipengaruhi komik2 en kisah2 superheroes Jepang or US. Kalau sekarang baca ulang bisa ketawa kepingkal2, sama seperti adek saya yang juga ngekek tiap kali baca naskah konyol itu.

Now? Banyak ide terus bermunculan, en thanks Lord, saya dikasih kepala yang besar, bukan dalam konotasi sombong, tapi ber-denotasi otak besar (ooops... don't say that it's a hydrocephalus case! Amit-amit!). Kalau Gesang berkata, 'Air mengalir sampai jauh...', maka gagasan di otak saya juga terus mengalir (nyambung ya?). Banyak ide untuk menulis academic journal, yang tentu saja berhubungan dengan area saya: bahasa dan pendidikan, atau untuk menulis buku (sudah ada beberapa ide judul buku dan bahasannya), atau juga banyak essay dan artikel untuk koran atau majalah atau untuk lomba... Sayangnya: cuma IDE, GAGASAN, masih di otak saya...

JK Rowling, pengarang saga Harry Potter yang fenomenal sukses karena dia menorehkan segala ide cerita HarPotnya di catatan kecil-nya, yang kemudian dia tuangkan dalam bentuk paragraph-pasal-dan-akhirnya-buku. Dulu saya punya buku notes kecil, berisi ide2 cerita yang berputar di kepala saya, sekarang, sadly, sudah jadi daftar list nama en coret2an papa saya... teganya dikau, Pa!

Belajar dari banyak authors, penulis, mereka took one step to start everything, dan saya admit kesalahan saya adalah karena belum mau, dan berniat, untuk take one step itu! Well, moga2 semua ide ini segera saya wujudkan, saya lagi hot-hot-nya untuk menulis dan menulis...

Tunggulah penerbitan buku pertama saya... (wkkk...)

GBU!

2 comments:

blogE jocepa said...

SomSe ki... tapi ku akui itu memang bakatmu... udah baca 2 kali dan 2 kali juga aku terkejut ma critamu.
kembangin n terus buat kejutan buat abe victor sheila ya..

cepetan nerbitin buku jg..
wohohoho...

Daniel Kurniawan said...

Wohooo.... wkkk....
Yo'i!
Moga2 bener2 bisa nerbitin buku!