Wednesday, September 24, 2008

About being a teacher...

A teacher has nothing but his students' and surprisingly ex-students' care -Lany K-


Well, entah kenapa menjadi guru itu sudah lama jadi napsu tersembunyi sejak kecil, bahkan melebihi napsu kentut, makan banyak, dan pacaran dengan komputer aku. Sedari kecil aku inget kalo sering maen guru-guruan (puji Tuhan bukan dokter2an yang sering bikin anak kecil mulai eksplorasi tubuh, apalagi lawan jenis, duh4...).

Namun cita-cita jadi guru jarang banget bisa mulus en diterima 'normal' people. Penyair Fusada Iwao (kalo ga salah namanya bener) ada kejadian sedih dan tragis ketika bercerita tentang cita-citanya...


Iwao: Saya pengin jadi penyair, ma, pa.
Papanya Iwao: (dengan mata mendelik, gigi taring muncul, en tanduk menyembul dari punuk) What? What's for supper...?
(Artinya: mau dijadiin sate guling buat makan malem? Ga, becanda; Mau makan (malam) apa?)


Kalau pa2-ma2-ku, thanks God, ga seperti itu. Waktu aku cerita kalo pengin studi pendidikan...


Aku: Whazzup ma! Whazzup pa!
Pa+Ma: (kompakan) orang gila... orang gila...
Aku: Ma+Pa, besok aku kuliahnya pengin di pendidikan bahasa Inggris, biar jadi guru ya...
Pa+Ma: Kuliah apanya, duit dari mana? Kita ini melarat nak, makan aja susah, apalagi beli mesin cuci... sadar, istigfar, nyebut...


* becanda *


Aku: Ma+Pa, besok aku kuliahnya pengin di pendidikan bahasa Inggris, biar jadi guru ya... Pa+Ma: Pergi, kamu bukan anakku! Aku tidak sudi punya anak guru!


* Ga! becanda lagi! Becanda loh! (Ampun pa, ma) *


Well, in fact mereka 'ga nuntut apa2, yang mereka pengin dari aku. Mereka cuma pengin aku bisa bikin mereka bangga en ga terbeban... duh, so shweeet... thanks, ma+pa.

Sadly, banyak sodara yang agak alergi dengan profesi ini, juga beberapa teman. Ya pertanyaan 'Mau makan apa?' lagi2 muncul. Kasihan dankuur, pintar2 kok jadi guru doank... Wah, bahaya, kalo gitu asumsi dan deduksi yang bisa diambil adalah: semua guru yang ada tidak pintar, karena orang pintar tidak pantas jadi guru... Waduh! Pantesan Indonesia melarat en ketinggalan. Ckckckck... (well, don't try this at home... penyimpulan yang keliru!)

Ada temen yang mulai tertarik jadi guru, kemudian langsung ragu karena, 'Apa yang bisa dibanggakan dari guru?' Well.. banyak:



  • lihat murid2 yang beraneka ragam spesies dan warna dan kesukaan dan rasa... belajar banyak dari mereka, dan belajar membentuk diriku sendiri,

  • (karena saya guru yang rajin dan berdedikasi :P) selalu termotivasi buat tertib dan menyelesaikan segala administrasi juga bikin modul sendiri, jangan cuma ngambil dan pake LKS dll...,

  • belajar, belajar, dan belajar, karena banyak yang berubah dan terus berkembang, apalagi jadi guru bahasa yang notabene kaga' pernah bisa master 100% jutaan kata di sebuah kamus...,

  • liat anak2 tertarik dengan mode mengajarku, juga beberapa anak mengalami perkembangan, baik yang signifikan, maupun agak lelet en o'on...

  • bisa meluluskan sekian puluh, bahkan ratusan anak...,

  • dan suatu ketika lulusanku bakal ketemu, kemudian bilang, 'Wah, thanks ya, Pak Dankuur, dulu udah pernah ngajarin apa bedanya a sama an. Kemaren aku tes CEO ternyata keluar di pre-test penyaring resepsionis...'

Belajar melihat secara positif itu susah. Tapi mulai belajar melihat yang positif itu lebih mudah. Nah, hal-hal positif tadi yang keliatan dari pengalamanku selama ini. Tapi perlu diinget kalo semua ini adalah subyektif banget. Ya, iya dong, masa ya iya lah; wudel saya aja bodong bukan bolah... Kalo tanya orang yang ngejar duit ampe mati, ga bakalan tertarik sama sekali ama guru dan tetek bengek mengajarnya. Kalo tanya ama yang obsesi jadi artis, ngapain juga mau jadi guru. Kalau tanya sama orang gila, nah ini yang nge-post blog kan juga gila.


Well... quote di awal tadi itu yang barusan aku dapet dari ex-dosenku. Dia care en baek banget. Kalo Bu Lanny baca, moga2 dia makin bersemangat ngajar!


Yang pengin jadi guru2 moga2 makin termotivasi. Kalo malah down setelah baca post ini, silakan kasih komen, en saya akan posting berita bunuh diri saya hari selanjutnya...


GBU all guys!



PS: Ini foto mejengku yang so pasti narsis di meja yang bukan mejaku, dan bukan laptopku yang sedang dioperasikan...

1 comment:

Anonymous said...

Halo dankur, kamu kocak juga yah.meski pinter, u bisa humor and banyak pergaulan. coz banyak orang cerdas gak punya temen. tapi kamu beda bro!
Keep spirit untuk melayani di bidang mengajar/jadi guru. ...jadi berkat yang tiada ternilai untuk masa depan anak bangsa. GBU