Saturday, October 4, 2008

Keluarga yang Aneh

Well, bulan ini dua anggota keluargaku kompakan ultah, meski ga bareng. Siapakah mereka? Eng, ing, eng… jeng-jeng-jeng: kecoa di atas atap en kalajengking di bawah kasurku… Ga’ lah: Papa, Mamaku. Mama ultah awal September, sementara Papa akhir September. Tanggal pastinya? Bentar, aku lupa. Harus lihat di reminder HP dulu… :P Emang parah. Ga pernah hapal tanggal ultah anggota keluarga sendiri, but my brother’s.

So, baru dua tahun ini aku lebih perhatian ke Pa+Ma. Tahun lalu, aku beliin martabak manis en roti bakar bandung, yang notabene emang lebih makanan kesukaan aku en adikku… hahaha… dan ternyata mama selalu bisa menebak kelicikan aku. So, habislah kedua kue manis-en-lezat itu di tangan Dankuur dan Adiknya yang gila (baca: rakus) makan…

Tahun ini, plan awalku simpel: dinner bareng keluarga yang sudah lama aku mimpikan. Tapi, sayangnya tidak semudah itu. Ini minggu yang sibuk buat keluarga: aku harus nyiapin banyak hal buat camp, kerjaan, en nge-MC kebaktian besok minggu; papa mungkin bakal sibuk dengan kerjaan di toko kerjanya, lebaran getoh; mama setia nyante di rumah menikmati indahnya kotak-ajaib (baca: TV) sambil setia menonton sinetron busuk-dan-menjijikkan-dan-membosankan; dan Nico (adekku) ga jelas rimbanya setiap malem terbang melayang dan tertelan gelapnya malam, melolong di atas atap rumah…

Oke, so, kemaren ide mendadak tiba2 muncul: malem harus makan bersama, di SS, tempat maka-ayam-goreng-plus-sambal-pedas paporitku, jam 8. Kenapa jam 8? Karena aku ada latihan di STT Wesleyan buat hari sabtu besok. So, satu2nya jam yang bisa adalah jam 8. Jam 4 aku pergi ke gereja, langsung sms papa…

Aku: nanti malem jm8 makan brg di ss bs pa ga? (SS tu nama resto’ sambal di magelang)
Papa: makan brg dlm rgka apa? sopo wae yg makan?
Aku: ya ultah’e pa+ma. skluarga lah.

Papa meng-iyakan, masalahnya adalah: motor cuma punya satu, sementara jumlah orang di dalem keluarga ada empat. Kan ga’ lucu juga kalo ada empat orang satu motor, ntar dikira kita lagi kampanye bulan kawin kucing… So, papa usul pinjam motor orang laen, dasar papa… Tapi aku karena baek hati dian pemalu dan tidak narsis akhirnya tidak berani berkata dan meminjam.

Jam 7 (waktu masih latihan di STT Wesleyan) ada sms dari papa: mama sdh mkn, jd ga ikut. kita bertiga sj. There’s a lump in my throat and a knot in my stomach (artinya: nggonduk). Payah banget sih, kok kaya gitu. Aku sudah niat2 buat ngajak makan, eh, malah mama ga ikut. Kan bisa aja tetep berangkat bareng, dia ga’ makan tapi sekedar minum juga ok. Naturnya Mama: orang rumahan yang ga suka pergi or dolan.

Aku nda’ bales. Selese latihan jam 8 pas, langsung ke gereja. Karena lagi2 rikuh, mau pinjem motor siapapun akhirnya nda jadi. So, aku balek aja jalan kaki. Waktu di tengah jalan, papa telpon. Sambil agak marah, karena ternyata papa sudah ada di gereja sama adekku nungguin. Jadi ternyata aku pulang, papa ke gereja. Masa mau boncengan bertiga? Dah ga kuwat tuh motor lawas diperkosa oleh kami bertiga. Aku diminta tunggu di tengah jalan, karena papa mau jemput.

Beberapa menit papa en adekku emang dating, terus akhirnya kami jadi memperkosa motor kami bertiga. Tapi eh, kok ga melaju ke SS tapi balek ke rumah? Sampe di depan gang rumah papa turun, en ngasi motor ke aku.

Papa: Sudah kamu berdua aja makannya.
Aku: Nda mau! Mending pulang!

Aku turun en jalan ke rumah. Sampe rumah pun masih rame. Aku disalahin gara2 nda mau pinjem motor. Adekku bela2in aku. Mama pun dengan tidak berdosa-nya bertanya2 kenapa ga jadi pergi. Heh? Tambah jengkel en aku langsung lompat ke kasur empuk mamaku sambil baca komik. Ndiemin keluarga yang aneh.

No comments: