Friday, October 10, 2008

Down came the rain...

Welcome, Mr. Rain.

Ooops, jangan salah dengan Rain bintang iklan sampo **** yang sok cool ‘en suka item itu (suara orang syirik…), tapi Rain = Hujan.

Bulan oktober, berarti bulan nomor tigaterakhir di sebuah tahun, en jadi masa dimana bumi mulai basah. Sebenernya kalo berpatok dengan pelajaran waktu SD dulu, mulai September pun sudah hujan, tapi gara2 global warming musim hujan pun bergeser.

Kemaren Rabu, hujan deres banget yang diawali dengan mendung yang memayungi Magelang. Dari jam tigaan sampe malem, hujan deres. Kesan saya? Parah.

Hari rabu itu hari ngelesi, sudah jauh lagi, empat kilo kalo ga’ salah dari rumahku. Jas hujan mandiri (yang tidak seperti jubah-nya Batman or Superman) juga sudah butut (baca: banyak lubang yang berpotensi kebocoran). Alhasil, sampe ke tempat les celanaku basah. Mirip banget sama anak yang ngompol, sudah itu jelana jins belel yang sudah meledak, jadi keliatan banget area basahnya. Parah!

Si anak yang dilesin pun sampe ketawa2. Itu belum ditambah kaos yang juga ternyata basah. Kok bisa? Lah, kantong yang kalo dilipat jadi tas buat jas hujan itu ternyata menganga lebar sepanjang perjalanan-panjang-penuh-tantangan-dan-rintangan-yang-dilalui-dengan-tangan-adem-dan-mata-sayu. Bodoh! Jadi mirip dengan kanguru yang menadah aer hujan sambil ngendarain motor (kantongnya di dada). Pantesan bagian dada terasa dingin en basah.

What is worse is that the room where we studied was air-conditioned. Pake AC! Sudah si anak bilang, ‘Kok adem ya, koh?’ Gile… Yah, diriku menikmati ngelesin sambil dibekuin en ngusep2 celana buat menghasilkan panas yang menguapkan basah air di celana (sok sains), sambil diketawain si anak. ‘Ko Dankuur ngompol, ko Dankuur ngompol, bau pesing lagi!’ Huhuhu…

Eniwei, aneh ya kalo panas manusia (including me) mengeluh karena kepanasan, en minta agar hujan turun mengguyur bumi. Tapi kalo sudah ujan deres, bawaannya males en ngantuk en adem en lagi2 menggerutu karena ga’ bebas pergi2 ditambah lagi atap yang bocor. Kalo disuruh milih antara musim hujan or musim panas, aku milih musim salju (dasar orang gila). Kesan2 untuk se-sore-hujan kemaren adalah:

SOAKING WET! ADEM! NGANTUK! TEH PANAS! TIDURAN-SAMBIL-SELIMUTAN!

Eniwei, kalo mengingat masa kanak2, musim hujan bakal jadi musim paporit, dimana aku bisa seenaknya ujan2an (yang berakhir dengan demam panas en masuk angin… hehehe). Begitu brus… hujan turun, minta ijin buat maen di luar, en lari2 dengan gembira, seperti kuda liar yang rabies di lepas dari kekangnya. Karena rumah berada di jalan yang turun (namanya juga Paten Jurang) so, mainan paporit, selain bermaen lumpur di kebon, adalah menantang arus aer yang mengalir dari jalan bagian atas. Padahal, ga jarang juga di atas ternyata ada anak yang dengan inosennya sedang mewarnai aliran air hujan dengan kuningnya pipis mereka, or gundukan pup-nya doggy or ayam yang kala itu masih banyak berkeliaran… Hi… akhirnya: kutu air, penyakit yang biasa. Tapi karena tidak pernah mengetahui hal itu, ya, nikmati saja… malah kadang menikmati segarnya air ujan, minum… (ga, yang terakhir bercanda).

Musim ujan juga berarti musim kerja keras, karena harus rajin2 ngecek atap bocor or ga’, betulin atap (khusus buat papa), en effort plus beban mental tambahan mikirin jemuran yang ga kering2. So, keluarga jadi ahli strategi: prediksi en rencanain kapan harus cuci baju, daerah mana yang kena sinar matahari paling banyak, siapin cadangan sepatu, tambal atap sana-sini, de-el-el.
Musim yang mengusir sekaligus mengundang kemalasan... (pie toh?)

Eniwei, mari belajar mensyukuri musim hujan ini. Kalo inget musim hujan, inget lagu: hujan berkat kan tercurah... Ya, moga2 aja juga banyak berkah turun di bulan2 basah-en-adem ini, seperti LAPTOP baru!!!! (I'm dying 'en desperately waiting for the day...) Lagian musim hujan kan berarti makin deket dengan Desember (baca: Natal!).

GBU, guys!

PS: judul di atas tuh bagian dari lirik 'Incy Wincy Spider', lagu anak2 bhs Inggris yg lucu that I often hum. Incy Wincy spider climbed up the water spout, down came the rain and washed poor Incy out ...

1 comment:

Rheass said...

hahahahahaha seeep ko ajarin buat blogs dunkzzzz hehehehehehe............