Wednesday, October 29, 2008

HaPe-Hate

Pertama2, mari kita mengheningkan cipta buat si Tikus-menjijikkan-peliharaan-Bu-Nikken (my co-worker) yang tadi jenazahnya ditemukan setengah kejepit en mati mengenaskan kehabisan udara di dalem laci meja kerja Bu Nikken, yang di akhir hidupnya sukses menciptakan bau2an sensasional di kantor guru dan mengundang kehebohan dan tereakan dahsyat dari Pak Dankuur. Hening cipta MULAI!

Halo! Welcome back!

Betewe, sbelom melangkah lebih lanjut let me vent my disappointment: hotspot dr gereja akhir2 ini sering ga jalan, padahal sinyal dapet, tapi ga’ bisa konek internet. Kok bisa? Katanya router-nya dimatiin… Huh! *grunt*

Hari ini, tadi siang, selaen kehebohan yang melibatkan si Tikus-malang-yang-mati-kehabisan-udara itu, keramaian laen terjadi. Habis ngajar jam pertama ‘en kedua, aku menghabiskan waktu meditasiku di ruang tengah (or ruang multimed, or ruang serbaguna, or ruang rapat, or whateper lah) dengan membuat soal tambahan untuk ngajar jam keenam en tujuh. Waktu balik ke kantor, en checking HP seperti biasa, ternyata ada SMS dari nomor tak dikenal: 085729290XXX. Isinya aneh ‘en bikin bingung:

aQ tAw kLu kM sK am JuAn! (baca: Aku tau kalo kamu suka ama Juan)

Duer! Kok bisa2nya sih nih orang tak dikenal tau kalo aku pecinta pria… uh… malu… GA! BECANDA!!! Agak lama juga mencerna bahasa aneh yang menuduh ini. Juan juga siapa, yang pasti cowok, aku ga’ kenal. Perasaan ga pernah punya temen namanya Juan, ada juga Juan si kecil yang masih sekolah di TK. Duh, kok malah tahu kalo aku pedophile… GA! INI BECANDA JUGA!

So, karena diriku penasaran (sambil tidak terima), aku membalas sms itu dengan pesan singkat kalo aku cowok. TITIK. Intinya cuma itu sambil nanya siapa dia. Eh, dasar kurang ajar, dia malah bales:

aP cUcaHna c Ch Jwb y oR g’ tOh Q Jg g’bKaL bNuH U..

Gila! Ni orang yang edan or aku yang sarap (kayanya dua2nya bener smua). Aneh banget, so sms berlanjut sampe diriku mengeyel ‘en karena ga niat bo’ong ya mengungkapkan apa yang ada, tapi masih aja ni orang ga’ percaya, sampe akhirnya dengan diplomatis diriku menjawab:

Maaf, aku orang beriman, ga boleh jujur. Lagian aku umur 25, cowok, sudah kerja.

Akhirnya tuh orang mengaku kalah, en minta maap. Duh! Mbok ya dari awal gitu toh mbak! Ini bukan kejadian pertama. Sepertinya emang nomer hape-ku sudah dikutuk, en diobral buat jadi sasaran empuk terror. Kenapa juga ga’ sekalian aku ikut2an bisnis sms premium ya? “Anda butuh orang untuk dituduh dan diteror seenaknya? Silahkan ketik REG DANKUUR kirim ke 085643321XXX dan Anda bisa sepuasnya menuduh saya dan mendapat balasan langsung dari HP saya.”

Ini yang diriku benci dari apa yang disebut HaPe. Dulu juga sampe stress diterror orang iseng yang ribuan kali (hiperbolis banget) miskol2, sampe akhirnya aku telpon balik, en dengan inosen-tapi-begitu-stupid-nya dia member alesan: “Gua cuma pengin dengerin ringtone kamu! Keren!” Duak! Aku nyokot hapeku sendiri sambil nusuk2 pisau ke perut adekku!

Entah kenapa aku tidak mengkategorikan diriku sendiri HP-aholic. Aku tidak seperti temen2 laen yang tiap detik tiap waktu ketemu selalu ngomongin seri merek hape terbaru, or apa yang bisa diutak-atik dari hape mereka. Diriku juga ga begitunya pengin beli hape baru, meski sudah ada duit, tapi aku masih setia dengan NOKIA 8210-ku tersayang yang sudah mulai impoten.

Yang bikin diriku makin benci (walo menyadari pentingnya eksistensi hape di jaman sekarang ini) adalah yang disebut dengan ignorant-due-to-mobile-phone-use. Pernah ga’ ketika sedang ngobrol dengan temen, kemudian terdengar bunyi rintik hujan, eh, bunyi misterius Duuuut!, eh bukan itu ding, tapi ini TI-TIT-Ti-TIT-TI-TIT (or ringtone SMS laen kalo udah poliponik). Kemudian Anda setengah diperhatiin sementara rekan ngobrol Anda asik membalas SMS orang laen. Ato lebih parah adalah ngobrol kemudian ditinggal pergi gara2 temen kamu dapet telpon dari HP. *Hoof! Grunt*

Sekarang ini HaPe sudah bukan dianggep barang yang mewah, beda ama dulu yang bahkan hape uleg-an juga didewa2in. Tapi nyatanya orang2 masih ‘ndeso’ pake HaPe. Di tempat umum mereka malah bangga nelpon tereak2 yang bikin orang sekitar heran ‘en bisa denger semua percakapan mereka. Duh, obsesi artis kali! Kalo dulu masih ngelaju Salatiga-Magelang, paling sering fenomena ini terjadi di bis: aku ditelpon en gimana menderitanya berusaha stei kul en tenang en tahan suara biar ga tereak2 saingan dengan mesin bis. Tapi orang2 laen justru tereak dengan hebohnya.

Kemaren kita rapat, dan ironisnya hal sejenis yang menyebalkan yang melibatkan aparatus yang nama keren-nya cell phone ini muncul. Ada satu yang tanya, kemudian sedang dijawab, eh ditengah2 jawaban itu si penanya ditelpon (sapa juga suruh hape ga disilent dalem rapat) lalu dengan cueknya dia melenggang keluar meninggalkan si penjawab yang masih nyerocos tapi meringis sebel. Dan ruang rapat itu pun ga jarang jadi ruang konser ringtone hape, yah maklum lah mungkin mereka memang orang sok sibuk.

Kalo Anda penggila HaPe, maapkanlah diriku karena sudah menginjak2 harkat dan martabat HaPe dan secara tidak langsung menyinggung harga diri pengguna hape, termasuk diriku sendiri (opo iki maksud’e? aku juga nda mudheng).

Mengheningkan cipta SELESAI!


PS: Aku shock pagi ini baca koran ‘en menemukan titik 11,750 sebagai nilai tukar dolar terhadap rupiah!!!! Damn! Kapan diriku jadi beli laptop!!! *grunt*

No comments: