Tuesday, January 27, 2009

On Chinese New Year

First, Gong Xi Fat Choi. 

Aku juga ga' tahu tuh terjemahannya apa, tapi artinya secara kasar 'Minta Angpau, dong.'

So, kemaren Senen, diriku, yg notabene masih a Chinese-descendant dan punya darah keturunan (seperti yg ditanyain sama petugas pembuat rekomendasi SKCK dari Polsek) dan punya kulit cerah seputih mayat, bersama keluarga muter2 ke sanak sodara terdekat. Sudah ga' serame dulu sih, tapi masih ada ritual nunjukkin kepalan tangan itu nantangin berkelahi.

Tapi tahun ini, diriku makin benci yg namanya imlek-kan. Kenapa? Karena posisi diriku sebagai penerima Angpau makin terancam. Dianggep sudah jadi penghasil uang (karena terima gaji pekerjaan), aku makin sedikit menerima amplop merah itu. *sigh* Mending ga' usah acung-kepal sekalian (wooo… motivasi yg salah, becanda pemirsa sekalian…). Yah, kalo orang2 kaya sih, tiap tahun tetep juga bagi2 angpao, ga kenal siapa yg sudah or belom kerja. Tapi, karena keadaan keluarga (besar) yg memang ga' ada yg ditakdirin jadi pengusaha, or pejabat, or koruptor, yah alhasil nerimo… sak ikhlasipun bapak, ibu…

Betewe, kami (aku en sodara2 sepaha) sempet ngumpul di satu rumah sodara yg sudah jadi senior gara2 disitu ada satu2nya emak yg survive, sementara yg laen sudah punah. Yg sempet jadi artis sehari adalah adekku. Kenapa? Karena dia sedang sakit, ga' tahu sakit apa-an, yg jelas kulitnya penuh bercak2 merah… Mungkin sudah saatnya dia ngaku kalo dia alien dari Pluto.

Semua orang pada nanyain, "Loh, Nico, katanya kemaren sakit, ga dateng kumpul2 keluarga tadi malem, ya?", or yg laen nanya, "Sakit apa toh? Apa alergi? Kemaren makan apa?" Langsung pada jawab sendiri2 sementara adekku cuman dikasih kesempatan buat meringis2 bingung. "Alergi udang? Ato telor? Ato apa? Diinget2, kemaren makan apa sebelom sakit…" Aku cuman bisa ikut2an njawab, "Makan tikus, kecoa, bangkai cicak, bekas plastik…"

Yang laen pada ngusulin, "Ayo, diminumi aer kelapa muda," padahal ada yg bilang, "Jus jambu muda ajah… Biar racunnya keluar dulu, manjur loh!" Aku bilang, "Udah, minum detergen campur minyak jelantah… lebih ga' pait daripada minum Baygon."

Masih di tempat yg sama, kita ngobrolin si emak senior yg sekarang sudah sukses jadi pikun total (bahkan sama si anak-nya pun ga' kenal). Bukannya 'sopan', malah sodara2 (ponakkannya si emak) pada ngerjain. "Ini istrinya yah?" tanya si emak, waktu satu ponakannya dateng bawa anak ceweknya, dan si ponakan cuman jawab iya-iya sambil cengengesan. Lucu juga waktu diceritain kalo si emak bisa makan habis semua jatah makanan yg tersedia. Wah, keren dong, kapan2 aku coba kasih bolu sampah ah…

Tapi disela2 pada ngerjain, sodara2 ku ada yg bilang, "Ih, kalo tua kita kaya gitu yah… Pikun… Keriput…" Aku ikutan mikir. Kalo keriput mah, sekarang juga udah muncul. Kalo pikun. Lupa ingatan. Aku paling fobia. Aku ga' bisa bayangin kalo besok aku tua, terus ga inget apa2 or siapa2. Ga inget jati diriku sendiri juga. Aku bakal lupa ingatan kalo dulunya aku adalah seorang kapiten dari anak pelaut. Aku bakal ga pernah inget kalo Harry Potter dikarang JK Ro, or kalo Paulo Freire tuh nulis buku Deschooling Society, or kalo Vanessa Carlton tuh yang nyanyi A Thousand Miles, bukannya When You Believe. Or… or… or… TIDAAAK!!!!!

Well, eniwe, diriku pulang dari tempat sodara senior itu dengan satu kebanggaan karena sudah bisa menaklukkan ego en kesombongan diri; tadinya aku ga' mau dateng kesitu karena kasus lama yg bikin diriku menjauhi satu sodara yg ada disitu, en juga aku sudah lama ga' pernah ikut kumpulan keluarga karena takut luka lama itu nyeri lagi tiap liat orang itu. Aku juga selama ini kalo ketemu di gereja pura2 ga liat orang itu. Menjauh, menghindar. Lah enak sekali dia katanya sudah lupa, ga inget, or malah ga ngerasa pernah menyakiti, padahal diriku ini sudah dipermalukan en disakiti di depan orang banyak. Weleh… Yah, enak sekali dirinya berkata lupa, sementara luka di hatiku terlalu dalam…. 

OK, enough for today. Sekali lagi Gong Xi Fat Choi (you r blessed kalo dapet angpao banyak, jangan lupa perpuluhan buat Tuhan dari angpao…. wkkk…).


PS: Angpao-ku sudah habis buat bayar utang... :p Wkkk...

No comments: