Sunday, January 18, 2009

Students: WASPADALAH!

Diriku baru satu-minggu-plus-sehari mengajar di Semester yang baru ini. I always notice some changes in my students' attitude. Beberapa ada yg 'tobat', en sadar setelah melihat nilai2 rapor-nya yang sudah bukan lagi kebakaran, tapi angus total... (loh, malah item semua donk? Ya emang item, wong di-print item kok, tapi tetep jueblok pol!). Beberapa ada yg mau berubah, jadi agak rajin. Ya semoga ini bukan suam-suam, hangat-hangat tahi saya... Ada beberapa yg berubah nyeleneh en males. Nah, the last one, terkutuklah kalian...

Ada anak di kelas sepuluh yg emang tambah ga bisa mengontrol yg namanya 'kekurangajaran'. Dia ga respek, en asal jeplak kalo ngomong, sama guru or sama temen sama ajah. Mungkin karena lahir di hutan, jadi kaya gitu yah, diajari ngomong sama Mami Simpanse... Ooopsss... Padahal di semester satu, dia masih agak innocent and pure... sincere and honest... eh, sekarang makin menjadi.

Ada anak yg tetep males, en tidur di kelas, padahal yg laen aktif (ini bukti kalo kesalahan bukan pada pengajar [baca: diriku]). I have tried to always make interesting, and motivating materials, besides employing fun teaching-learning methods. Awal masuk sudah saya sambut mereka dengan Kung Fu Panda, which successfully made them laugh out loud. Eh, tetep ajah dua orang dudul di kelas sebelas itu ga' berubah... Mereka kalo disuruh maju ogah2an. Kalo yg laen ngerjain tugas, mereka bermimpi dengan otak mereka yg too limited to think one step ahead.

Weleh...

Inilah nasib seorang guru. Aku tidak mau marah2 lagi di dalem kelas. Kalo liat mereka, ta diemin ajah. Kenapa? Biar mereka sadar. Kalo mereka ga sadar2 juga? Ya, biarin ajah. Kontrol en kuasa ada di tangan saya. Sudah dari awal saya lapor ke guru2 yg laen, kalo saya paling ga setuju dengan sistem katrol-mengatrol. Kalo memang ga' naek kelas, ya sukur alhamdulilah. Itu konsekuensi mereka. Reputasi sekolah tambah buruk? Biarin. Daripada memberi nilai yang bukan hak mereka.

Aku paling marah, jengkel, irritated, dan paling mengutuk guru2 yg bisa dengan seenaknya meluluskan anak mereka, karena kepepet, en ga' mau dicap sebagai guru yang gagal. Padahal si anak sepanjang hidup mereka setahun di sekolah juga ga' pernah ngumpulin tugas, nilai jeblok semua, ulangan juga udah remidi seratus kali tetep ga' ketolongan... Eh, tiba2 waktu raportan bisa dapet nilai minimum kelulusan, supaya sekolah tampak baik, en guru ga kerepotan.

Weleh...

Anak-anakku (kalo kalian baca), tolong mulai sadar, bertobatlah!!!! Tolong dong kasih respek ke guru2 kalian. Saya diem saja, bukan berarti saya ga' peduli. Kalian tuh sudah SMA. Bukan anak TK lagi! So, kalo kalian masih ga sopan, masih males2an, ya siap2 saja saya kasih nilai rendah. Ini bukan ancaman loh. Tapi konsekuensi: the risk that you, unfortunately, have to take kalo you don't wanna change how you behave at school, in class...

*Phew*

Berani bicara gini seperti sebuah refleksi, en saya melihat kembali apa yg terjadi di masa school saya. Sayangnya, saya termasuk bagian kecil siswa yang sadar (dari keseluruhan semesta siswa Indonesia yg belom bisa mneghargai pendidikan, dan belom menemukan makna belajar), dan sayangnya sering malah dianggap aneh oleh mayoritas kalo rajin belajar....

Ckckckck... Ironi.

No comments: